It’s just one of my way to express my self

Surabaya – Mengemudi kendaraan untuk waktu yang lama dapat menyebabkan pengemudi menjadi letih dan mengantuk. Bahkan tidak menutup kemungkinan pengemudi tersebut jatuh tertidur tanpa mereka sadari ketika berkendara. Terapi Al Quran salah satu solusi untuk mengatasi rasa kantuk itu.


“Keletihan pada pengemudi ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti jam tidur pengemudi, kualitas tidurnya, dan keadaan jalan yang membosankan seperti mengemudi di jalan tol. Keletihan yang berlebihan menyebabkan pengemudi jatuh tertidur dapat juga menyebabkan terjadinya halusinasi,” kata Yohan Kurniawan, pelajar PhD dan peneliti di MEMS Automotive Research Group Universiti Kebangsaan Malaysia dalam wawancara melalui e-mail kepada detiksurabaya.com, Jumat (8/6/2007).


Lucunya atas beberapa fakta itu, masyarakat akan menghubungkan kejadian ini sesuatu yang bersifat mistik seperti jalan tersebut angker atau penunggu jalan tersebut meminta korban.

Penelitian tentang keletihan pada pengemudi ini telah banyak dijalankan di luar negeri seperti di Amerika, Jepang, Australia dan di negara-negara Eropa. Ukuran keletihan pada pengemudi yang sering digunakan adalah ukuran fisiologi seperti ukuran gelombang otak (EEG), ukuran denyut nadi, frekuensi pernafasan, pergerakan dan penutupan mata, pergerakan kepala, suhu badan pengemudi dan sebagainya.


Selama ini banyak cara yang digunakan oleh pengemudi yang mengantuk ketika mengemudi seperti mendengarkan radio atau kaset, membuka jendela (mematikan AC), merokok, makan makanan ringan,minum kopi dan berhenti untuk tidur sebentar.

Akan tetapi kebanyakan pengemudi malas untuk berhenti dan memaksakan diri untuk mengemudi walaupun tahu bahwa dirinya sedang mengantuk. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kecelakaan.


Sebuah penelitian yang dilakukan Yohan bersama peneliti di MEMS Automotive Research Group (Malaysia), Universiti Kebangsaan Malaysia mencoba untuk mendapatkan cara mengatasi rasa mengantuk tanpa mengharuskan pengemudi tersebut berhenti.

Salah satu caranya adalah dengan mendengarkan bacaan Al Quran yang dipadukan dengan lagu-lagu Nasyid. Eksperimen ini menggunakan sebuah driving simulator dan ukuran keletihan pengemudi diukur berdasarkan ukuran fisiologi (pergerakan mata dan kepala, denyutan nadi, suhu badan, frekuensi pernafasan serta tingkat kelembaban kulit), ukuran lamanya waktu mengemudi, dan ukuran reaction time.

Eksperimen ini dijalankan siang hari, karena berdasarkan hasil eksperimen sebelumnya terbukti bahwa pengemudi lebih mudah letih dan mengantuk ketika mengemudi waktu siang dibandingkan waktu pagi.


Dalam eksperimen ini, semua pengemudi yang terlibat dalam penelitian ini diminta untuk mengemudi tanpa diberi batasan waktu dan mereka berhenti bila benar-benar merasa sangat letih dan tidak mampu lagi untuk mengemudi.


Ketika mengemudi itu mereka diperdengarkan bacaan-bacaan ayat suci Al Quran yang diselingi dengan lagu-lagu Nasyid. Surah-surah yang digunakan dalam terapi ini adalah Surah Yasin, Surah Al-Fatihah, Surah Baqarah, dan Surah Sajdah.


Hasil eksperimen ini membuktikan bahwa mendengarkan bacaan Al’Quran yang diselingi dengan lagu-lagu Nasyid sangat membantu pengemudi untuk tetap terjaga dan mencegah pengemudi jatuh tertidur.


Pengemudi juga dapat mengemudi untuk waktu yang lebih lama, dibandingkan ketika mengemudi tanpa mendapat terapi Al Quran.


Selain itu, mendengarkan ayat-ayat suci Al Quran dan lagu-lagu Nasyid dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pengemudi, serta mengingatkan pengemudi untuk mengambil sikap berhati-hati ketika mengemudi. (mar/mar)

Comments on: "Alqur’an atasi rasa kantuk saat menyetir" (1)

  1. minta izin … Copy paste ya mas ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: