It’s just one of my way to express my self

APAKAH MEROKOK DIHARAMKAN DALAM SYARIAT ISLAM?

 

Hal ini masih pro-kontra. Setidaknya ada 3 kelompok:

 

(1)   Tidak tahu dan tidak mau tahu.

(2)   Tidak mengharamkan, atau setidaknya makruh. Alasannya: tidak ada nash/hukumnya yang jelas/pasti, baik dalam Al Qur’an maupun As Sunnah/ Al Hadist. Seperti misalnya babi, darah, bangkai, dll.

(3)   Mengharamkan.

 

Alasan kelompok yang mengharamkan merokok, adalah berdasarkan Al Qur’an:

 

(Al-Qur’an surat Al-A’raaf ayat 157)

 

(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang umi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang makruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Qur’an), mereka itulah orang-orang yang beruntung.

 

(Al-Qur’an surat Al-Baqoroh ayat 195)

 

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan , dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik”.

Kelompok ini menganggap merokok sebagai salah satu hal yang buruk, terutama bagi kesehatan, sehingga dianggap juga sebagai perbuatan yang menganiaya diri sendiri menuju kebinasaan. Sehingga terkait dengan kedua ayat Al Qur’an di atas. Mengapa?

 

Dari sekitar 4000 (baca : Empat ribu) bahan kimia yang terkandung dalam sebatang rokok , sekitar 400 nya adalah zat2 yang berbahaya dan sekitar 40 jenisnya adalah racun yang benar benar mematikan !!

Demi Allah yang meciptakan tembakau, 2 tetes nikotin murni bisa membunuh orang dewasa yang menelannya .

 

Arsenik, racun yang sangat mematikan dan sering digunakan untuk membunuh, secara nyata ada di dalam rokok.

 

Hidrogen sianida, racun yang digunakan tentara Hitler untuk membunuh jutaan orang Yahudi di kamp kamp konsentrasi,  juga ada dalam rokok.

 

Bukan hanya itu , DDT (racun pembunuh serangga/ hama), aseton (pembersih cat kuku), Ammoniak , Butane (bahan bakar korek api), ethyl alkohol, dan masih banyak lagi , semuanya ada dalam rokok .

 

Tidak ada seorangpun pakar kimia dan kesehatan di dunia yang menyangkal bahaya rokok terhadap kesehatan manusia. Dengan demikian, maka merokok termasuk kategori tahlukah !  (perbuatan buruk yang membahayakan/ membinasakan, sehingga layak dikategorikan sebagai perbuatan haram)

 

Membeli rokok, berarti membelanjakan harta untuk sesuatu hal yang dinilai buruk, karena menjatuhkan diri sendiri ke dalam kebinasaan yaitu membahayakan kesehatan.

 

Kita sudah tahu dasar-dasar hukumnya. Kini terserah kita, mau melanggar, atau mau menurut kepada Allah SWT? Semua akibatnya kita sendiri yang akan menanggungnya kelak.

 

(ds)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: